Sabtu, 09 Juni 2012

Berita dan Tinjauan Ekonomi Amerika BURSA AS Indeks S&P 500 naik dari level terendah 4 bulan

NE YORK. Bursa saham Amerika Serikat (AS) menghijau dalam pembukaan hari ini (21/5). Index Standard & Poor (S&P) 500 naik dari level terendah dalam empat bulan terakhir.

Kenaikan indeks S& P 500 terjadi karena China memberikan komitmen dan dukunugan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negaranya. Selain itu, di Eropa diketahui ada inisiatif pejabat Jerman dan Perancis melakukan pertemuan guna membahas pertumbuhan.

Kelompok yang mengalami kenaikan di indeks S & P 500 tersebut dipimpin oleh kelompok industri dan komoditas. Cooper Industries Plc melonjak 25% setelah Eaton Corp setuju membeli US$ 11,8 daya listrik.

Sementara itu Facebook Inc, situs jejaring sosial sukses mengumpulkan US$ 16 miliar pada penawaran umum perdana, turun 13% dari harga penawarannya sebesar US$ 38.

Indeks S & P 500 naik 0,4% menjadi 1.299,88 pada pukul 10:07 waktu New York. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 41,82 poin atau 0,3% menjadi 12.411,20.

Mark Luschini, kepala strategi investasi dari Janney Montgomery Scott LLC di Philadelphia bilang, adanya upaya Jerman dan Prancis untuk mengejar pertumbuhan ekonomi Eropa menjadi faktor pendorong bursa AS. "Ada nada yang positif mengenai upaya pertumbuhan di Eropa,” kata Luschini.

Perlu diketahui, Menteri Keuangan Jerman, Wolfgang Schaeuble akan melakukan pertemuan untuk membahas pertumbuhan dengan pejabat Perancis, Pierre Moscovici hari ini. Selain itu, Perdana Menteri China, Wen Jiabao telah berjanji untuk fokus untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di China.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar